Marketing in Dentistry , The Secrets is Revealed

knowing your customer

MARKETING KEDOKTERAN GIGI DISALAHPAHAMI KARENA INI!!

RUPANYA MARKETING DISALAHPAHAMI OLEH PROFESIONAL MEDIS KARENA INI

Marketing merupakan keajaiban bagi klinik Anda. Titik! Keajaiban seperti apa?

Sebelum beranjak lebih jauh, yuk kita tinjau lingkup Marketing bagi klinik SAHABAT Dentistpreneur.
Berdasarkan arahnya, Marketing dapat dibagi menjadi 2 (dua):
1. Keluar / Eksternal Marketing
2. Kedalam / Internal Marketing

MARKETING KELUAR bertujuan memberitahukan kepada calon pasien bahwa klinik Anda dapat MEMBANTU permasalahan kesehatan gigi mulut mereka.

Kata kuncinya adalah MEMBANTU. Dan pasien adalah orang yang butuh BANTUAN.

Mengapa demikian? Anda telah mendapatkan pendidikan khusus mengenai kesehatan gigi. Anda lebih tahu bahwa setiap tindakan terhadap masalah gigi memiliki konsekuensi. Ketika pasien mencari batuan kepada pihak yang tidak mempunyai KOMPETENSI seperti Anda, malah akan membuat masalah baru bagi si pasien bukan? Untuk itulah kewajiban Anda sebagai profesional medis untuk memberitahu. Prosesnya disebut sebagai Marketing.

Pada hari ke-2 Workshop “BUILDING A SUPERB TEAM FOR YOUR PROFITABLE & SUSTAINABLE DENTAL CLINIC”, Anda akan belajar Marketing untuk klinik gigi. Bagaimana mengatasi pasien yang malas perawatan supaya datang dengan sukarela. Bagaimana pasien secara periodik melakukan pemeriksaan gigi.

Mengenal tentang Funnel Marketing, Desires & Pain sebagai motivasi pasien, memahami Value pasien dan memenuhinya, service excellence, serta menciptakan Culture dan sistem klinik sehingga dapat membuat ‘WOW EFFECT’ bagi pasien..

MARKETING KEDALAM bertujuan memberitahukan kepada mitra klinik (baik investor, staff, dokter/dokter gigi) bahwa kita semua memiliki andil dalam MEMBANTU pasien.

Kesadaran bahwa dirinya punya peranan penting dalam maju tidaknya klinik sangatlah penting. Ini adalah dasar dari munculnya SERVICE EXCELLENCE. SERVICE EXCELLENCE itu sendiri akan memicu MARKETING KELUAR.

Marketing Kedalam akan lebih banyak dibahas dalam Team Building. Team itu tidak hanya staff loh. Investor Anda atau rekan sejawat Anda di klinik juga Team. Dan itu dapat menjadi faktor sukses sekaligus faktor gagal sebuah klinik. Oleh karena itu Perlu mengetahui bagaimana Seleksi, membentuk Tim yang tepat.

Kesimpulannya, baik Marketing Keluar dan Kedalam adalah lingkaran yang saling terkait dan penting dalam bisnis klinik Gigi.

LEAD GENERATION ,Tehnik Membuat Klinik Gigi menjadikan Klinik Gigi Anda sebagai no.1 di Mata Pasien

Mendatangkan Pasien baru merupakan hal Mudah bagi praktek/klinik Sahabat Dentistpreneur, dalam 2 bulan dengan mudah dan biaya yang sangat minimal dapat mendatangkan 111pasien baru (dan terus berlanjut:)) yang menjadikan tantangan adalah bagaimana mampu membangun kepercayaan dan menjadikan Anda Dokter gigi kesayanganya seumur hidup serta mereferensikannya ke seluruh kerabatnya bukan?
Mau tahu bagaimana cara melakukannya dengan etika dan sungguh dibangun berdasarkan Rasa saling mempercayai?
Tehnik ini terlihat mudah bagi yang hanya melihat di permukaan namun sebenarnya tanpa memahami strategi yang benar, justru akan menjadi ‘bencana’ bagi sahabat Dentistpreneur atau setidaknya tidak memiliki efek ‘WoW’ yang sesuai:)

di dalam buku Dotcom yang ditulis oleh Russel Bronson dan diilhami oleh Dan Kennedy, ada istilah Funnel Marketing, yaitu suatu Strategi untuk mendatangkan Pelanggan setia. Dentistpreneur menterjemahkannya bagi profesional dokter gigi sehingga dengan sederhana dapat diterapkan dalam bisnis klinik gigi dan menjadikan klinik Anda sebagai klinik gigi dan dokter gigi kesayangan bagi pasien Anda, sehingga dengan sukarela pasien mau memberitahu kepada teman,relasi,keluarganya untuk datang ke klinik:

funnel ladder

Strategi ini digambarkan berbentuk tangga, secara sederhana tingkatan pertama merupakan suatu FRONT-END dan di tingkat tertinggi adalah BACK-END.

Di dalam workshop Dentistpreneur topik 2 ‘Building Superb Team & Marketing’ didiskusikan bersama bagaimana membuat suatu Front-end yang biasanya berupa perawatan yang signifikan namun ditawarkan kepada pasien dengan biaya yang sangat terjangkau namun harus menarik,berbeda dan memberi efek yang menarik, misalnya dengan memberi penawaran gratis Dental Spa atau berbentuk penawaran lain sesuai Segmentasi dan Target Kustomer dari klinik Sahabat Dentistpreneur

Kemudian kita akan berbagi pengalaman tehnik-tehnik komunikasi untuk membangun kepercayaan pasien/ ‘Trust’ dengan konsep Blue Ocean , suatu differensiasi serta didasarkan kepada pelayanan prima sehingga meningkatkan Value klinik dan dokter gigi (baik staff maupun Sahabat Dentistpreneur sendiri) sehngga pasien juga dengan sukarela dan memutuskan sendiri memilih perawatan-perawatan BACK-END ,seperti perawatan aesthetic, perawatan protesa, atau perawatan spesialisasi lainnya.

 

“BUILDING A SUPERB TEAM FOR YOUR PROFITABLE & SUSTAINABLE DENTAL CLINIC”

Selama 2 hari, Mengungkapkan semua rahasia para pemilik klinik gigi sukses berdasarkan ilmu manajemen dan marketing yang didapatkan dari workshop-workshop mahal bernilai puluhan hingga ratusan juta rupiah dengan materi yang sama di luar negeri!!! Sahabat Dentistpreneur akan bertemu dalam komunitas dokter gigi dan entrepreneur serta berbagi kisah dan pengetahuan entrepreneurship yang relevan dan sederhana untuk diterapkan dalam bisnis klinik gigi:)

Salam Dentistpreneur!!

(drg.Martin Febrian & Henry Yonathan)

Add Comment